909 Pelanggaran Terhadap Jurnalis Selama 2017


Ramallah – Asosiasi Jurnalis Palestina mengumumkan ringkasan hasil laporan pelanggaran terhadap para wartawan dan jurnalis serta media pada tahun 2017. Asosiasi Jurnalis Palestina mendokumentasikan 909 pelanggaran, 740 di antaranya adalah pelanggaran dan serangan yang dilakukan pasukan penjajah Zionis dan 169 pelanggaran loka di Gaza dan Tepi Barat.

Hal tersebut disampaikan dalam konferensi pers yang digelar asosiasi di al-Birah pada hari Rabu (3/1/2018), diawali oleh sambutan Ketua Asosiasi Jurnalis Nasher Abu Bakar yang menyampaikan terjadinya eskalasi pelanggaran dalam kualitas dan kuantitas, serta mengenai langkah-langkah dan upaya yang dilakukan untuk meminimalisir pelanggaran ini dan menghentikannya. Dia menyebutkan adanya pertemuan darurat sekretariat jenderal persatuan umum wartawan Arab yang akan diadakan hari ni di Kairo, khusus membawa situasi di Palestina.

Abu Bakar mengatakan, “Di tengah-tengah meningkatnya pelanggaran berdarah secara signifikan yang dilakukan pasukan penjajah Zionis terhadap para wartawan dan jurnalis yang semakin besar peran mereka untuk terus berlanjut, sementara itu jurnalis Palestina menunggu apresiasi dan penghargaan dari pihak resmi Palestina atas perannya, maka sungguh memalukan kita menyaksikan di saat yang sama terjadinya peningkatan jumlah pelanggaran yang dilakukan pihak resmi Palestina.”

Abu Bakar mengingatkan akan penutupan pihak facebook terhadap 158 akun tokoh dan aktivis Palestina berdasarkan data yang disebutkan dalam surat kabar New York Times.

Berdasarkan laporan ini, total pelanggaran dan penyerangan selama tahun 2017 mencapai 909 pelanggaran, naik 37% dari tahun 2016. Pasukan penjajah Zionis melakukan 740 pelanggaran atau 81% dari total pelanggaran. Sementara itu pihak resmi Palestina melakukan 169 pelanggaran atau 19% dari total pelanggaran.




https://melayu.palinfo.com/

Komentar

Postingan Populer

Berita

Wawasan

Kegiatan