Israel Kontak 10 Negara Agar Pindahkan Kedubes Ke Al-Quds


Al-Quds - Wakil Menlu Israel, Tzivi Hotovli mengungkap pada Senin kemarin melakukan komunikasi dengan 10 negara agar memindahkan kedubesnya dari Tel Aviv ke al-Quds.

Dalam wawancaranya dengan radio Israel, Hotovli mengatakan, “Kami telah berkomunikasi dengan sepuluh negara, beberapa di antaranya negara-negara Eropa agar memindahkan kedubesnya dari Tel Aviv ke Al-Quds, dan Negara Guatemala satu dari Negara yang segera memindahkan ibukotanya ke al-Quds.

Namun pejabat tinggi Israel tersebut tak mengungkap nama-nama Negara yang telah dikontaknya, hanya mengatakan, “Deklarasi Trump akan membuat arus baru, namun belum terlihat sampai saat ini selain pendahuluan saja.”

Radio Israel menginformasikan bahwa sejumlah Negara yang segera memindahkan kedubesnya antara lain, Honduras, Filipina, Rumania, Sudan Selatan.

Namun baru sebatas komunikasi, belum ada kesepakatan untuk memindahkan kedubes Negara-negara tersebut ke al-Quds dalam waktu dekat ini, ujar sumber mereka di kalangan diplomat Israel.

Presiden Guatemana, Jimy Morales, Ahad lalu menegaskan bahwa negaranya akan memindahkan kedubes di Israel ke al-Quds, keputusan yang diapresiasi PM Israel Benyamin Netanyahu, namun memicu kecaman keras dari otoritas Palestina, yang disebutnya sebagai tindakan yang memalukan.

Presiden Amerika Donald Trump pada 6 Desember lalu mengklaim al-Quds sebagai ibukota Negara Israel, dan memberikan isyarat pemindahan kedubes Washington ke kota tersebut, namun memicu penolakan luas internasional.




Sumber : https://melayu.palinfo.com/

Komentar

Postingan Populer

Berita

Wawasan

Kegiatan