Dongeng Jadi Sarana Unik Mengenalkan Palestina

Kaltim - Kaltim telah kedatangan pedongeng berbakat dari Jabar yaitu Kak Danang untuk kali kedua. Atas undangan KNRP Kaltim, Kak Danang mengisi Program Safari Dongeng Palestina yang berlangsung di 2 kota dengan 9 titik safari, yaitu Samarinda dan Kukar. Melalui dongeng, Kak Danang dan bonekanya Si Odi telah menyampaikan kisah-kisah teladan dengan cara yang unik dan mudah diserap oleh ratusan siswa TK hingga SMA.

Safari Dongeng Palestina berjalan selama 4 hari. Pada Kamis (9/2), Kak Danang dan tim dongeng berkunjung ke TKIT Az-Zahro dan SDIT As-Salam. Berlanjut ke Jumat (10/2), rombongan dongeng singgah di SDIT Cordova Samarinda. Senin (13/2), mereka menyambangi 3 titik mendongeng yaitu TK Ulil Albaab Sanga Sanga Kukar, SMAIT Granada Samarinda, SMAN 14 Samarinda. Lalu pada Selasa (14/2), TK Tunas Rimba, TK Khalifah, dan SD Islamic Center menjadi tujuan terakhir Safari Dongeng Palestina.

Dongeng Kak Danang banyak berkisah tentang teladan anak-anak yang mau berbagi dengan sesamanya, dan berakhir pada cerita mengenai kondisi anak-anak Palestina yang tetap berjuang untuk bersekolah dalam kondisi ancaman zionis Israel. Ia ingin mengajak untuk anak-anak memiliki rasa peduli dan tergerak menjadi penolong bagi saudara muslim di Palestina. Seperti biasa Kak Danang mampu membius seluruh siswa dengan apa yang Kak Danang ceritakan. Tak terkecuali para guru, semua kisah dibuat menyenangkan tanpa kesan menggurui. Gelak tawa, gemuruh tepuk tangan, hingga tangis haru peserta memenuhi setiap ruangan acara. Bahkan ada siswa TK yang menginginkan Kak Danang untuk tidak pergi dan lanjut mendongeng.

“Dari cerita anak-anak di Palestina, semoga kalian termotivasi untuk semangat belajar dan mematuhi pesan orangtua. Anak Palestina saja dengan kondisi seadanya masih tetap semangat belajar, berbakti kepada orangtuanya, bahkan tidak banyak bersedih. Jadi kita harus lebih semangat,“ tuturnya dengan semangat disela mengisi dongeng di salah satu tempat. Di akhir acara, seluruh siswa berdonasi untuk Palestina.

Sekretaris KNRP Kaltim Taufik Hidayat berharap anak-anak ini bisa memahami kondisi saudaranya di Palestina. Terlebih lagi bagaimana pentingnya bebagi pada sesama. Melalui metode unik ini, ia berharap anak-anak ikut merasakan kondisi saudaranya dan tergerak untuk menolong baik melalui infaq maupun doa mereka. (mn/knrpkaltim)

Komentar

Postingan Populer

Berita

Wawasan

Kegiatan