1147 Tawanan Palestina di Suriah Nasibnya Belum Jelas


London – Kelompok kerja Palestina untuk Suriah menyebutkan, sebanyak 1147 pengungsi Palestina yang ditawan pemerintahan rezim hingga saat ini nasibnya belum jelas. Dari jumlah itu, 82 orang adalah para wanita yang ditangkap sejak enam tahun terakhir oleh aparat rezim Suriah di Damascus. Pihak keamanan Suriah berusaha menutup-nutupi keadaan sebenarnya serta jumlah ril mereka.

Menurut laporan dari kelompok kerja Palestina untuk Suriah menyebutkan, Ahad (29/1), kemungkinan besar jumlahnya jauh lebih banyak dari itu, karena sulitnya mendokumentasikan semua tawanan dengan berbagai sebab. Diantaranya tidak adanya kejelasan dari para tawanan sendiri karena khawatir dengan keselamatan mereka dari pihak keamanan.

Sementara itu, disebutkan 458 pengungsi masih berada di dalam penyiksaan penjara rezim, menurut penuturan sejumlah keluarga mereka mereka atau dari orang-orang yang sudah dibebaskan.

Dalam kaitan ini, para pengungsi Palestina yang tinggal di Kamp Khan Syaikh di Idlib, Raef menghimbau kepada UNRWA untuk melakukan tanggung jawabnya. Kolompok kerja Palestina untuk Suriah sudah mengirimkan berbagai surat kepada UNRWA yang menjelaskan kondisi para pengungsi yang sangat mengkhawatirkan.

Dilaporkan, sekitar 2500 pengungsi Palestina sudah terusir dari Kamp Khansyaikh. Hingga bulan Januari sebanyak 3424 pengungsi telah menjadi korban kebiadaban pasukan rezim, 455 perempuan dan 1146 tawanan di sejumlah kantor keamanan yang berada di bawah rezim Suriah, sementara 81 perempuan masih berada di dalam penjara. (yp/knrp)


Sumber: infopalestina

Komentar

Postingan Populer

Berita

Wawasan

Kegiatan