1277 Orang Palestina Tewas Sejak Meletus Peristiwa Suriah



Bidang Pemantau dan Dokumentasi dari Asosiasi Pekerja untuk Palestina Suriah melansir jumlah pengungsi anak-anak Palestina yang meninggal di kamp pengungsian Yarmuk sejak meletusnya peristiwa Suriah. Jumlah tersebut mencapai angka yang tinggi yaitu 1277 meninggal. Berita dilansir oleh badan berita Qudpress, (19/12).

Dalam berita tersebut, Asosiasi tersebut melansir bahwa 447 orang meninggal diakibatkan pengeboman yang diantaranya 188 meninggal karena pengepungan dan minimnya perawatan medis yang diberikan. Sementara itu, 203 orang meninggal karena penembakan, yang diantaranya 160 meninggal disebabkan tembakan sniper dan 169 dikarenakan penyiksaan serta 11 disebabkan oleh penjajah Israel dan 10 karena penculikan dan pembunuhan setelah penculikan tersebut.

Ditambahkan dalam berita tersebut, Asosiasi juga mengungkapkan bahwa tewasnya pengungsi juga terjadi disebabkan penyerbuan disaat penyerahan bantuan pangan di kamp pengungsian pertama di Rama Square dan lainnya meninggal akibat asfiksia (kekurangan oksigen dalam bernafas yang ditimbulkan disaat jiwa seseorang terancam) serta penggunaan senjata kimia terhadap anak-anak pengungsi di Yarmuk.

Masih dalam berita tersebut, Pusat penyelematan kesehatan di daerah Rijh di kamp Yarmuk menginformasikan bahwa minimnya bahan-bahan dasar kesehatan dan peralatan kesehatan di Yarmuk. direktur pusat penyelematan kesehatan Riyadh Idris telah mengambarkan kondisi kemanusiaan dan kesehatan di daerah Rijh yang terkepung dari pemerintah Suriah dan negara-negara yang tragis. Dia menambahkan bahwa kondisi kesehatan di daerah tersebut sangat memprihatinkan, hal tersebut dikuatkan dengan menyebarnya penyakit-penyakit seperti demam tipus, radang salurang pernapasan bagian atas, gatal dan ruam di kulit yang rentang diderita oleh anak-anak dibawah umur 8 tahun.

Masih dalam berita tersebut, kamp Aidin di Homs menderita melonjaknya harga yang tinggi dan kelangkaan bahan-bahan makanan dan bahan bakar yang disebabkan karena perang yang berkelanjutan dan cuaca yang buruk yang menimpa Suriah khususnya bagian tengah dan timur.

Dalam berita tersebut, bidang pemantau dan dokumentasi di asosiasi pekerja mengungkapkan bahwa 1135 orang Palestina ditahan di cabang keamanan pemerintah Suriah dari mereka yang dapat didokumentasikan diantaranya 80 pengungsi Palestina dan ratusan belum diketahui kondisinya serta dilansir 456 pengungsi Palestina meninggal di bawah penyiksaan di penjara pemerintah diantaranya perempuan dan lansia.

Menurut Grup Kerja Untuk Orang Palestina di Suriah dalam situsnya actionpal.org.uk yang dilansir bulan juli 2016 dari sumber statistik UNRWA bahwa jumlah pengungsi yang berpindah dari Suriah ke Libanon mencapai 42,5 ribu pengungsi. Angka tersebut mengalami penurunan 33 ribu pengungsi.


Wadil Muqoddasi
Sumber : aspacpalestine.com

Komentar

Postingan Populer

Berita

Wawasan

Kegiatan