Saudi Sumbang 67 Juta Dolar untuk Danai Proyek UNRWA


Gaza - Badan Bantuan dan Pemberdayaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) menyatakan bahwa Komisaris Jenderal UNRWA Pierre Krenpol pada hari Senin (28/11) telah menandatangani tida perjanjian dengan Dana Pembangunan Saudi untuk melaksanakan proyek-proyek untuk kepentingan para pengungsi Palestina di Jalur Gaza, Tepi Barat dan Yordania senilai 67 juta dolar.

UNRWA mengatakan, perjanjian pertama senilai 28 juta dolar akan dialokasikan untuk mendukung proyek yang sedang berjalan, termasuk di dalamnya adalah rekonstruksi rumah-rumah di Jalur Gaza.

Sementara itu perjanjian kedua senilai 32 juta dolar akan memberikan bantuan kepada UNRWA dalam rekonstruksi dan penyempurnaan sejumlah pusat kesehatan dan sekolah di Tepi Barat, di samping melaksanakan sejumlah proyek yang sedang berjalan.

Sedang perjanjian yang ketiga senilai 7 juta dolar, yang disediakan untuk pendanaan rekonstruksi dan penyempurnaan serta menyediaan pusat kesehatan dan sebuah sekolah di Yordania.

Menurut keterangan pers yang dirilis UNRWA, tahun 2016 ini Arab Saudi sudah memberikan sumbangan lebih dari 150 juta dolar untuk UNRWA. Dengan demikian, Arab Saudi adalah negara kedua terbesar yang memberikan sumbangan kepada UNRWA setelah Amerika.

Menurut data PBB, disebutkan bahwa sekitar 1,3 juta pengungsi Palestina tinggal di Jalur Gaza, 914 ribu pengungsi Palestina tinggal di Tepi Barat, 477 ribu pengungsi Palestina tinggal di Libanon, 2,1 juta pengungsi Palestina tinggal di Yordania dan 500 ribu pengungsi Palestina tinggal di Suriah.

UNRWA mengatakan bahwa sumbangan dana dari negara-negara donor belum mencukupi kebutuhan pelayanan lembaga yang terus meningkat. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya pengungsi dan membengkaknya kemiskinan serta kebutuhan kemanusiaan, khususnya di Jalur Gaza yang diblokade Zionis sejak 10 tahun.

Sumber : melayu.palinfo.com

Komentar

Postingan Populer

Berita

Wawasan

Kegiatan