Hubungan Kemerdekaan Indonesia dengan Palestina


Hubungan intensif antara Indonesia dan Palestina sebenarnya sudah terjalin sebelum Indonesia merdeka bahkan Palestina punya andil besar dalam membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh wakil Ketua Parlemen Palestina di Gaza Syaikh Abdurrahman Yusuf al Jamal di Masjid Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) Bandung, Jum’at (21/6/2013).

“Antara Indonesia dan Palestina mempunyai hubungan yang sangat dekat dan intensif sejak sebelum Indonesia merdeka. Para saudagar dan ulama dari Palestina juga membantu para pejuang Indonesia yang kala itu berjuang melawan penjajah Belanda,” kata al Jamal.

Salah satu dukungan Palestina ini diwakili oleh Syekh Muhammad Amin Al-Husaini, mufti besar Palestina yang secara terbuka mengenai kemerdekaan Indonesia: pada 6 September 1944, Radio Berlin berbahasa Arab menyiarkan ‘ucapan selamat’ mufti Besar Palestina Amin Al-Husaini (beliau melarikan diri ke Jerman pada permulaan perang dunia ke dua) kepada Rabithah Alam Islami, bertepatan ‘pengakuan Jepang’ atas kemerdekaan Indonesia.

Berita yang disiarkan radio tersebut dua hari berturut-turut, kami sebar-luaskan, bahkan harian “Al-Ahram” yang terkenal dengan ketelitiannya juga menyiarkan. Syekh Muhammad Amin Al-Husaini dalam kapasitasnya sebagai mufti Palestina juga berkenan menyambut kedatangan delegasi “Panitia Pusat Kemerdekaan Indonesia” dan memberi dukungan penuh. Peristiwa bersejarah tersebut tidak banyak diketahui generasi sekarang, mungkin juga para pejabat dinegeri ini.

Bahkan dukungan ini telah dimulai setahun sebelum Sukarno-Hatta benar-benar memproklamirkan kemerdekaan RI.

Seorang Palestina yang sangat bersimpati terhadap perjuangan Indonesia, Muhammad Ali Taher. Beliau adalah seorang saudagar kaya Palestina yang spontan menyerahkan seluruh uangnya di Bank Arabia tanpa meminta tanda bukti dan berkata, “Terimalah semua kekayaan saya ini untuk memenangkan perjuangan Indonesia.” Setelah itu dukungan mengalir, di jalan-jalan terjadi demonstrasi- demonstrasi dukungan kepada Indonesia oleh masyarakat Timur Tengah.

M. Zein Hassan Lc. sebagai pelaku sejarah kemerdekaan Indonesia menyatakan dalam bukunya pada hal. 40, menjelaskan tentang peran serta, opini dan dukungan nyata Palestina terhadap kemerdekaan Indonesia, di saat negara-negara lain belum berani untuk memutuskan sikap.
(Mi’raj News Agency)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer

Berita

Wawasan

Kegiatan