Israel Bertanggung Jawab Atas Penderitaan Pengungsi Palestina


Istanbul – Audah Center, lembaga HAM yang konsen pada masalah hak kembali pengungsi Palestina, menggelar lokakarya dengan judul “Situasi Kemanusiaan Pengungsi Palestina dan Solusi Politik”, Selasa (24/5), di sela-sela World Humanitarian Summit di Istanbul Turki.

Ketua Audah Center, Majed Elzeir, kepada kantor berita Arab “Quds Press” mengatakan bahwa keterlibatan dan partisipasi lembaganya ini sebagai bagian dari upaya yang bisa dilakukan sebagai organisasi non pemerintah yang bersandar di PBB.

Audah Center telah mendapatkan “status konsultan” di PBB khusus bagi lembaga-lembaga dan organisasi non pemerintah pada tahun 2015 lalu.

Dia menjelaskan bahwa lembaganya selalu berpartisipasi dalam lokakarya-lokakarya yang diadakan organisasi-organisasi pemerintah dan non pemerintah di sela-sela World Humanitarian Summit yang dibuka oleh Sekjen PBB Ban-kimon dan dihariri oleh lebih dari 80 negara dan pemerintah.

Elzeir menambahkan bahwa lokakarya ini membicarakan tentang penderitaan para pengungsi Palestina di semua tempat mereka berada setelah 68 tahun “Nakbah” (Prahara) Palestina. Dia menyatakan bahwa ini adalah “satu-satunya lokakarya” yang menangani isu Palestina dalam World Humanitarian Summit.

Dalam acara tersebut Elzeir membahas tentang dimensi politik penderitaan pengungsi Palestina dan keharusan penjajah Zionis bertanggung jawab penuh atas penderitaan yang dialami para pengungsi Palestina.

Dia mengiangatkan bahwa penjajah Zionis belum melaksanakan hukum internasional dan resolusi PBB yang terkait dengan pengungsi, yang menyatakan tentang hak kembali pengungsi Palestina ke desa-desa dan kota asal mereka diusir.

Dia memaparkan “kondisi menyedihkan” yang dialami para pengungsi Palestina baik di dalam maupun di luar negeri, khususnya di Jalur Gaza. Dia menegaskan pentingnya menunjukkan blokade Gaza dan fokus pada pengungsi karena mereka adalah bagian terbesar dari jumlah penduduk, yakni 80% dari total penduduk Jalur Gaza. 
(infopalestina.com)

Komentar

Postingan Populer

Berita

Wawasan

Kegiatan