Soal Al-Aqsa, Palestina Desak Liga Arab Gelar KTT

Palestina mendesak negara-negara Arab untuk mengambil langkah yang tegas untuk melindungi kompleks Masjid Al-Aqsa terhadap praktek-praktek pengerusakan yang dilakukan oleh Israel.

Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Al-Malki menyatakan, sejumlah negara Arab telah meminta Liga Arab untuk menggelar KTT yang pertama di tahun 2016 untuk membahas ancaman yang tumbuh dari perubahan status quo di kompleks Masjid Al-Aqsa. Namun Malik tidak menyebutkan negara yang telah mengajukan proposal tersebut, seperti dikutip dari laman Xinhua, Selasa (15/9/2015).

Meski begitu, jika KTT itu dilakukan pada semester awal tahun 2016, Malki menyebutnya akan sangat terlambat. Karenanya, Malki menyerukan bahwa Otoritas Nasional Palestina (PNA) mendesak agar Liga Arab secepatnya mengadakan KTT dan dihelat di markas Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Sebelumnya, utusan PBB untuk Palestina, Riyad Mansour mengaku telah berkoordinasi dengan Yordania dan seorang anggota negara Arab di Dewan Keamanan PBB (DK PBB). Mereka akan bertemu dengan Presiden DK PBB dan Duta Besar Rusia, Vitaly Churkin, guna membahas situasi di Yerusalem.

"Kami akan memintanya untuk membicarakan dengan DK PBB untuk menekan Israel agar menghentikan pelanggaran, termasuk provokasi ilegal terhadap warga Palestina di Yerusalem, terutama di tempat suci tersebut," kata Mansour.

Dalam dua hari terakhir ini ketegangan terjadi di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur. Pihak kepolisian Israel terlibat bentrok dengan warga Palestina yang sebelumnya telah membarikade masjid. Konfrontasi ini bertepatan dengan tahun baru Yahudi.
source: sindonews.com

Komentar

Postingan Populer

Berita

Wawasan

Kegiatan