Sekjen PBB Ajak Para Donatur Bantu Anak-Anak Palestina

Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, menyerukan kepada semua pihak untuk turut berkontribusi menjadi donatur bagi anak-anak Palestina.

Badan PBB untuk Urusan Pengungsi Palestina (UNRWA) membutuhkan dana 100 juta dolar AS untuk membangun sekolah. Terkait hal itu, selama beberapa minggu terakhir Ban secara pribadi telah berbicara dengan beberapa pemimpin dunia tentang topik tersebut.

"Sekjen ingin segera memastikan dana itu dapat siap sedini mungkin agar anak-anak Palestina bisa mulai sekolah di tahun ajaran 2015-2016 tanpa tertunda," kata sebuah pernyataan dari juru bicara Sekretaris Jenderal, seperti dilansir dari xinhua, Kamis dini hari.

Ban juga menyatakan keprihatinan mendalam atas situasi keuangan yang dihadapi UNRWA serta menekankan peran penting dari lembaga tersebut. Ia menyampaikan hal tersebut dalam surat transmisi UNRWA dari Komisaris Jenderal Laporan Khusus ke Majelis Umum.

"Situasi keuangan yang dihadapi UNRWA dan kemanusiaan bisa menyebabkan adanya konsekuensi politik dan keamanan tersendiri," kata pernyataan itu.

Ban menekankan bahwa peran UNRWA sangat dibutuhkan saat krisis di seluruh Timur Tengah yang kini berlangsung. Badan itu melayani sekitar lima juta pengungsi Palestina, termasuk pendidikan bagi setengah juta anak-anak pengungsi Palestina.

UNRWA memberikan bantuan kemanusiaan, pembangunan manusia, perlindungan, dan advokasi untuk pengungsi Palestina di Tepi Barat, Gaza, Suriah, Lebanon, dan Yordania. Sekitar 98 persen dari dana UNRWA berasal dari sumbangan sukarela yang dibuat oleh negara-negara anggota PBB dan sumbangan dari organisasi swasta dan individu.
Sumber : republika.co.id

Komentar

Postingan Populer

Berita

Wawasan

Kegiatan